Bicara tentang furniture, tak lepas dari trend warna furniture. Ditahun 2016 ini ada trend warna yang booming yaitu trend warna baby furniture, bebeda dengan trend warna furniture umum. Letak perbedaan yang paling mencolok adalah warna cat yang di dominiasi aksen soft dan halus.
Baby furniture memainkan peran yang pokok dalam kebutuhan si kecil. Salah satunya adalah agar si kecil nyaman bermain di ruangannya. Seiring anak berkembang dan tumbuh maka kebutuhan furniture pun semakain bertambah, seperti almari, meja belajar , dan lain-lain. Pemilihan desain, tema, dan warna menjadi hal yang vital bagi perusahaan furniture yang fokus mengerjakan pasar baby furniture.
Trend baby Furniture

Trending warna baby Furniture Tahun 2016

Tahun 2016, trend warna furniture dipenuhi dengan warna- warna natural dan patina. Tetapi trend warna baby furnirure haruslah mempunyai warna yang kalem, bersih dan memiliki kesan soft, seperti warna- warna putih ivory (gading), hijau muda, biru muda, ungu muda, dan warna lain yang kesannya kalem. Sedangkan dari aspek desain saat ini pasar didominasi oleh desain yang minimalis yang simple serta tidak memenuhi ruangan.

Bukan Hanya Warna, dan Desain yang harus Diperhatikan

Bagi para pecinta furniture, dengan adanya desain dan warna yang baru  “ngetrend” tentu sebaiknya kita juga harus memperhatikan keamanan furniture yang dibeli. Karena   penggunaan cat beracun mudah beredar di dunia finishing kayu.

Bisa jadi kita merasa furniture yang dibeli sudah aman, padahal belum tentu demikian.
Beberapa zat yang harus di waspadai terkandung dalam furniture yaitu :
  • VOC atau Volatile Organic Compounds
Merupakan senyawa organik mudah menguap yang dapat meningkatkan resiko kanker dan gangguan organ dalam. VOC banyak terdapat dalam pelarut cat dari thinner dan spiritus. Contoh VOC: formalin dan benzena.
  • Logam Berat
Adalah unsur logam yang dalam kandungan sedikit sudah bisa meracuni organisme. Paparan logam berat dapat menyebabkan gangguan organ dalam hingga hambatan perkembangan kecerdasan.
  • Ftalat
Adalah senyawa natural plasticizer yang dapat menyebabkan gangguan organ reproduksi.
Ketiga zat tersebut mungkin tak langsung terlihat menyebabkan gangguan kesehatan pada anak. Tetapi paparan jangka panjangnya, dapat membuat potensi pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak terganggu. Artinya, sampai anak dewasa pun kita mungkin tak melihat ada gejala yang nampak. Tetapi, kecerdasan dan fisik anak bisa jadi lebih baik dibanding bila kita tak menggunakan furniture dengan cat toksik.

Biocolours Bioduco untuk Finishing Baby Furniture

cat furniture anak biocolours bioducoSebagai bahan rekomendasi, kami sarankan Anda memilih furniture anak yang dicat dengan produk water based paint (cat berpelarut air). Cat berbasis air tidak menggunakan thinner atau spiritus sehingga sangat sedikit atau bahkan tidak mengandung VOC sama sekali.
Pilih pula cat water based yang bebas kandungan logam berat dan ftalat seperti Biocolours Bioduco. Biocuco merupakan produk cat yang mampu menampilkan warna-warna solid indah dan sudah bersertifikat internasional (ECHA Uni Eropa dan EPA Amerika Serikat). Aplikasi produk ini pun bukan hanya aman, tapi tak menimbulkan bau sama sekali pada baby furniture yang hendak Anda beli.