Cat water based  atau cat berbasis air adalah produk cat yang memanfaatkan pengencer air baik dalam formula maupun aplikasinya. Jenis cat ini berbeda dengan cat kebanyakan yang menggunakan solvent seperti thinner dan spiritus.

Merupakan Teknologi Baru
Teknologi water based paint merupakan teknologi baru dalam dunia paint & coating. Lima belas tahun lalu, hampir semua cat adalah cat solvent based. Perkembangan teknologi memungkinkan diproduksinya jenis cat ini.
Pada masa 15 tahun sesudahnya, cat water based berhasil mengungguli cat berbasis solvent atau minyak, utamanya di negara-negara maju. Hingga saat ini, hampir semua cat yang beredar di toko-toko retail di Amerika, Eropa, hingga Jepang tergolong sebagai water based paint. Bahkan sekitar 80% cat di toko retail Amerika tercatat sebagai cat berbasis air.

Didorong Kesadaran Masyarakat
Perkembangan kualitas cat berbasis air tak lepas dari tingginya tuntutan dari masyakarat untuk menggunakan produk-produk “hijau” atau green products.  Dengan demikian seiring dengan membaiknya ekonomi sebuah negara, sangat masuk akal diasumsikan penerimaan cat water based makin kuat. Bahkan di negara-negara berkembang seperti Indonesia pun, tuntutan penggunaan water based paint sudah mulai signifikan. Apalagi dengan adanya permintaan dari pihak eksportir yang mensyaratkan penggunaan produk yang tidak membahayakan.

Mengapa Water Based Paint Lebih Aman dan Ramah Lingkungan?
Salah satu kandungan berbahaya dalam produk cat berasal dari Volatile Organic Compounds atau senyawa organik mudah menguap. Pelarut solvent seperti thinner dan spiritus secara alami memiliki kandungan zat tersebut. Dengan kata lain, serendah apapun kandungan VOC, cat solvent based tetap lebih membahayakan dibanding water based paint. EPA atau Environmental Protection Agency menyebut paparan VOC dapat menyebabkan:
  1. Gangguan organ dalam
  2. Peningkatan resiko kanker
  3. Hambatan perkembangan mental
Keunggulan Cat Water Based
Selain lebih aman dan ramah lingkungan, secara umum cat berbasis air lebih unggul dari oil based paint karena:
  1. Percepatan teknologi berkembang lebih cepat
  2. Ongkos produksi lebih rendah
  3. Tidak berbau kuat seperti solvent based paint. Bahkan beberapa cat berbasis air tidak mengeluarkan bau sama sekali.
  4. Fleksibilitas film lebih baik dibanding cat solvent
  5. Aspek estetika dan film perfomance menyamai solvent based
Tidak Semua Cat Water Based Sama!
Meskipun demikian, tidak semua cat berbasis air memiliki kualitas yang sama antar satu dengan lainnya. Dari aspek keamanan, secara umum, cat water based memang lebih baik. Tapi pada kasus-kasus tertentu dimana produsen cat mengandalkan bahan-bahan berbahaya seperti logam berat, penggunaan water based paint sama membahayakannya dengan oil based paint. Karena itu, memperhatikan kualitas water based paint secara keseluruhan, misalnya dengan sertifikat “No Lead” atau tidak mengandung timbal sangat penting diusahakan. Demikian dari aspek lain seperti estetika yang tidak selalu sama antar masing-masing produk.