Cat Kayu Ramah Lingkungan Disepelekan?
Tagline cat kayu ramah lingkungan kadang memang tidak semenggoda tagline cat kayu dengan warna-warna indah. Padahal, siapa sangka di balik menawannya warna cat merek tertentu, terdapat kandungan membahayakan di dalamnya? Bau yang tercium saat kita selesai mengecat tidak bisa dianggap remeh. Bau menyengat tersebut merupakan indikasi adanya kandungan zat berbahaya.
cat kayu ramah lingkungan

VOC dan Logam Berat, Kandungan Beracun dalam Cat Volatile Organic Compound atau yang biasa disingkat VOC merupakan zat membahayakan yang terkandung dalam cat dan pelarutnya. VOC berbahaya bagi kesehatan manusia maupun lingkungan. Kandungan VOC dapat diidentifikasi dari bau yang tercium saat tutup kaleng cat dibuka, proses pengecatan, hingga beberapa hari setelah pengecetan. Paparan senyawa organik ini dapat mengakibatkan iritasi mata, gangguan pernapasan, syaraf, dan gangguan janin pada ibu hamil.

Selain VOC, kadar logam berat seperti timbal juga merupakan ancaman bagi kesehatan maupun kelestarian alam. Dari segi kesehatan, pihak yang paling beresiko terkena dampak lebih parah akibat paparan logam berat adalah anak-anak. Menurut WHO, anak lebih rentan mengalami gangguan syaraf dan otak akibat timbal bahkan pada paparan dosis rendah sekalipun.

Melihat kondisi tersebut, sebenarnya sangat perlu diterbitkan Standar Nasional Indonesia atau SNI cat kayu ramah lingkungan. Sudah saatnya hak-hak konsumen untuk mendapatkan cat yang ramah lingkungan terpenuhi. Sayangnya, hingga hari ini, regulasi mengenai perkara tersebut belum bisa dikatakan bagus. Dengan demikian, konsumen dituntut cerdas dan  selektif memilih cat kayu yang aman untuk keluarga mereka.

Alternatif Cat Kayu Ramah Lingkungan dari Golongan Water Based

Solusi untuk menghindari permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan mengganti cat kayu solvent based yang biasa digunakan dengan water based. Water based paint atau cat berbasis air adalah jenis cat yang memanfaatkan pelarut air. Karena menggunakan air (bukan solvent seperti thinner dan spiritus) dalam formulasi maupun pelarutnya, jenis cat ini lebih aman dibanding solvent based paint. Meskipun demikian, bukan berarti semua cat water based aman digunakan.

Produk cat water based yang kami rekomendasikan adalah seri produk Biocolours dari Bioindustries. Produk-produk cat Biocolours telah diformulasikan sesuai standar keamanan bahan kimia berbahaya European Chemicals Agency (ECHA) dan US-EPA mengenai VOC. Sehingga keamanan produk-produk tersebut sudah pasti terjamin.