Penggunaan cat kayu berbahan dasar air jauh lebih menguntungkan dibanding cat berbahan dasar solvent. Cat berbahan dasar air sendiri dapat dimaknai sebagai cat yang menggunakan pelarut air baik dalam formula maupun pelarutnya. Pasalnya, tak jarang sebuah produk cat menggunakan pelarut air meski dalam formulasinya masih menggunakan solvent.
Berikut ini
keunggulan cat kayu berbahan dasar air dibanding cat berbahan solvent:

keunggulan cat kayu berbahan dasar air dibanding cat berbahan solvent:


1. Lebih Aman dan Ramah Lingkungan,
Karena menggunakan pelarut air, cat berbasis air jauh lebih aman dibanding cat solvent. Solvent dalam cat solvent seperti spiritus dan thinner mampu menyebabkan gangguan kesehatan seperti iritasi hingga kesulitan bernafas. Ketika dibuang di alam, solvent juga dapat menyebabkan kerusakan ekosistem karena meracuni berbagai organisme.

2.    Teknologi Terus Berkembang
Teknologi cat solvent makin ditinggalkan dibanding cat berbahan dasar air. Kesadaran masyarakat yang makin meningkat untuk meggunakan produk-produk “aman dan ramah lingkungan” menyebabkan cat berbahan air makin disukai sehingga teknologinya terus berkembang.

3.    Lapisan Film Lebih Fleksibel
Air lebih fleksibel dibanding solvent terhadap perubahan suhu. Sifat ini menyebabkan lapisan film cat berbasis air tahan lama dibanding lapisan film cat oil based.

4.    Tidak Menimbulkan Bau Menyengat
Cat water based tidak akan menimbulkan bau menyengat seperti solvent based. Sebab bau menyengat pada cat yang biasa kita beli sebenarnya berasal dari solvent-nya.

5.    Tidak Perlu Membeli Thinner atau Spiritus
Dengan cat kayu berbasis air, Anda tak perlu membeli thinner atau spiritus. Anda tinggal mengambil air yang bersih dan netral saja.

Tips Membedakan Cat Kayu Berbahan Dasar Air dengan Cat Solvent :

  1. Cari keterangan pelarut cat yang digunakan pada label produk yang Anda beli. Cat berbasis air biasanya memiliki keterangan jelas pada kemasannya.
  2. Jangan asal membeli cat dengan keterangan “ramah lingkungan”. Bisa jadi cat tersebut merupakan cat solvent based. Bacalah petunjuk cara melarutkan cat tersebut (apakah dengan air atau solvent).
  3. Bila Anda sudah terlanjur membeli, buka sedikit tutup cat. Bila tercium bau menyengat, sudah dipastikan bahwa produk tersebut adalah cat solvent.