Cat kayu tahan panas dan hujan jelas menjadi produk yang diinginkan mereka yang ingin melakukan finishing outdoor. Misalnya saja untuk finishing garden furniture, decking kayu, pergola, gazebo, pagar, dll. Pasalnya, baik hujan maupun panas dapat menyebabkan susbtrat suatu produk rusak.
1.    Panas dapat membuat lapisan coating retak dan pecah-pecah.
2.    Hujan dapat menyebabkan warna film pudar sehingga tampak kusam.

Paparan air juga menyebabkan lapisan cat lembab sehingga sangat rentan diserang jamur.
Tapi untuk membeli cat kayu yang memiliki kriteria tahan panas dan hujan, jelas tidak mudah. Apalagi, di pasaran saat ini, tersedia begitu banyak produk cat. Pertimbangan yang matang harus digunakan untuk mendapatkan produk yang tepat. Sehingga usaha yang kita lakukan untuk finishing kayu tidak akan berakhir sia-sia.
Tips Membeli Cat Kayu Tahan Panas dan Hujan

Tips Membeli Cat Kayu Tahan Panas dan Hujan

1.    Pilih cat untuk outdoor. Salah satu kesalahan yang dilakukan orang awam ketika membeli cat adalah mengesampingkan formulasi cat tersebut ditunjukkan untuk indoor atau outdoor. Hal ini dapat berakibat fatal bila Anda membeli cat indoor namun ditujukan untuk outdoor. Secara umum, cat outdoor telah didesain sedemikian rupa sehingga mampu menahan kerusakan akibat faktor cuaca seperti panas dan hujan.

2.    Belilah produk-produk water based. Water based paint memiliki keunggulan berupa fleksibilitas film yang baik dibanding cat solvent based. Sebagai contoh cat-cat Biocolours dari Bioindustries yang memiliki karakter film fleksibility mengikuti perubahan suhu. Artinya, ketika suhu meningkat, lapisan cat akan ikut memuai bersama susbtrat kayu. Demikian juga ketika suhu menurun, lapisan coating akan ikut menyusut bersama substrat kayu.

3.    Untuk keperluan yang sangat rentan terhadap kerusakan, pastikan menggunakan produk-produk spesifik. Sebagai contoh, bila Anda ingin membeli cat untuk decking kayu, pilihlah cat jenis polyurethane seperti Biothane. Formula polyurethane-nya tergolong kuat untuk menahan kondisi outdoor.

4.    Jangan fokus pada merek cat. Sebab, ketika Anda hanya fokus pada masalah merek cat, Anda hanya “untung-untungan” mendapat cat kayu tahan panas dan hujan yang tepat.